BIO SIKLUS TEHNOLOGI NOS MENGHADIRKAN NUTRISI PERTANIAN - PETERNAKAN - PERIKANAN - KECANTIKAN - PERAWATAN - NUTRISI TINGGI - KESEHATAN

Iklan Billboard 970x250

7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor selama ini lebih dikenal sebagai bahan pangan yang biasanya diolah menjadi sayur. Padahal, daun kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sebab ada banyak khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun kelor.Hasil studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting.

Daun kelor mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine. Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Meningkatkan Imun dan Menyehatkan Jantung Daun kelor segar akan semakin baik dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan karena semua nutrisi yang dikandungnya akan mengalami peningkatan kecuali vitamin C.
Berikut ini 7 manfaat daun kelor untuk kesehatan:
1. Mencegah diabetes Menurut penelitian, daun kelor dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait penyakit diabetes. Berdasarkan hasil uji klinis pada tahun 2016, daun kelor disebut mampu meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes. Dalam penelitian tersebut, 4 gram daun kelor terbukti bisa meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.Menurut uji klinis kecil lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2018, daun kelor juga dapat menurunkan lonjakan gula darah pasca-makan pada pengidap diabetes. Penelitian itu menunjukkan bahwa daun kelor membuat lonjakan glukosa pasca-makan menjadi lebih stabil hingga 40 mg/dL serta mempersingkat waktu puncak lonjakan gula darah hingga sekitar 20 menit. Penelitian yang sama menemukan bahwa daun kelor tidak berdampak signifikan pada gula darah subjek yang tidak menderita diabetes. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 dan diterbitkan dalam Journal of Diabetes, manfaat tanaman ini diyakini tidak hanya terdapat pada daunnya saja. Ekstrak buah kelor juga terbukti dapat membantu mengatasi diabetes.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular.
Tanaman ini diyakini mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol,kelor juga dimanfaatkan sejak dulu untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Sebuah studi tahun 2017 terhadap subjek tikus, misalnya, menemukan bahwa biji kelor mampu melindungi dari penyakit jantung dan dapat mengobati tekanan darah tinggi. Studi lainnya, yang juga dilakukan terhadap subjek tikus dan diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa biji kelor dapat mencegah gangguan jantung dan pembuluh darah terkait usia. Meski penelitian baru dilakukan terhadap objek hewan, namun daun kelor juga berpotensi mengurangi peradangan terkait stres oksidatif dan relaksasi arteri untuk memperlancar aliran darah.

3. Mengurangi peradangan Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS com, beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menunjukkan bahwa isothiocyanate yang terkandung dalam daun, polong, dan biji kelor adalah senyawa anti-peradangan utama.Akan tetapi, sejauh ini penelitian baru dilakukan pada hewan dan tabung reaksi. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas antiperadangan pada manusia. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Meski begitu, kondisi ini juga bisa menimbulkan masalah jika terus berlanjut dalam waktu lama. Peradangan berkelanjutan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

4. Menurunkan kolesterol Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun kelor diyakini mampu membantu menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh biasanya terkait dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung.

5. Melindungi dari keracunan arsenik Kontaminasi arsenik dapat ditemukan pada air dan makanan, termasuk beras. Mengonsumsi arsenik tingkat tinggi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. Berdasarkan penelitian terhadap hewan, daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari efek keracunan arsenik. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut terkait efektivitas daun kelor terhadap keracunan arsenik pada manusia.

6. Mengatasi disfungsi ereksi Daun kelor telah digunakan sejak lama untuk mengobati disfungsi ereksi dalam pengobatan tradisional, sebab daun ini dapat berperan sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah. Meskipun belum terbukti pada manusia, penelitian pada tikus membuktikan bahwa kelor dapat meningkatkan fungsi seksual pada pria dengan meningkatkan kadar testosteron.

7. Menyehatkan mata Menurut dokter dan herbalis dari Tangerang Selatan, dr Prapti Utami dalam buku "Daun Kelor: Antidiabetes, Sahabat Mata, Pelindung Ginjal" yang ditulis oleh Redaksi Trubus (2019), daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel.
Sedangkan daun kelor segar mengandung vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel. Selain itu, kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lain, termasuk antioksidan tinggi yang dapat membantu perbaikan sel, sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata. Akan tetapi, mengonsumsi kelor saja tidak bisa memberi khasiat langsung pada mata. Daun ini hanya berfungsi sebagai pelengkap nutrisi. Prapti mengingatkan, kelor harus dikonsumsi secara bijak. Mengonsumsi daun kelor terlalu banyak justru akan berpengaruh bagi tekanan darah serta meningkatkan asam lambung. Cukup konsumsi satu kantong teh celup atau setara 6 gram serbuk daun kelor kering per hari. Sedangkan daun kelor segar, disarankan hanya boleh dikonsumsi sekitar 30 gram per hari. (Editor: Nabilla Tashandra) Sumber: KOMPAS. com

ALhamdulillah kita sekarang faham dan tau tentang kelor maupun manfaatnya,dan dari manfaat tsb ,kami hadirkan produk yang lebih simple pemakaniannya tanpa anda harus mencari,mengeringkan,menumbuh..tinggal menggunakan dan konsumsi.
Bio siklus tidak hanya yang di uraikan di atas tapi juga bisa untuk 99 jenis lebih penyakit berat maupun ringan.
selengkapnya apa bio siklus kunjungi BIO SIKLUS OBAT PALING MANJUR

Baca Juga
SHARE
Aufa
- Ikutkan ALLOH di setiap langkah dan usahamu - Insan kecil
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bumbu Masak Probiotik

Bumbu Masak Probiotik

Bumbu masak probiotik memiliki keunggulan dan keistimewaan di atas produk yang ada di pasaran. Kele…
BIO SIKLUS

BIO SIKLUS

BIO SIKLUS TETES SYNBIOTIC SERIES Produk tetes synbiotic dengan formula Konsorsium Mikroba Probio…